Sisi Lain Gunung Papandayan Part 2

story by : Okke & Agil
author by : Agil


Sebelumnya di
Sisi Lain Gunung Papandayan Part 1

Guk aauuu
Gue"bray bangun bray lu denger suara lolongan ga? Itu apaan ya?"
Okke"eh iya bener tuh yaudah ke tenda sebelah aja yu tanya si Ajay"

Dengan perasaan was2, gundah gulana, resah & gelisah kita keluar tenda pelan2. Jantung udah deg2an kaya Mike Portnoy lagi main double pedal plus keringetan juga padahal itu udaranya dingin. Akhirnya kita masuk ke tenda si Ajay & ngebangunin dia

Guk guk aauuu
"Wooy bangun jay, lo denger suara lolongan ga? Apaan sih itu?"
"Selow bray gausah takut sampe gemeteran gitu laah itu mah anjing piaraan bapak2 yg jaga warung dibawah kalo malem emang biasa dilepas"

Ngedenger kata2 Ajay gue jadi lega kirain ada GGS nyasar ke papandayan.
Gara2 suara anjing itu gue jadi gabisa tidur nyenyak cuma merem2 ayam doang & ga kerasa udah pagi waktunya keluar berharap cuaca cerah buat nikmatin sunrise. Begitu keluar tenda udaranya dingin banget tjooy, untung aja gue masih eling buat ga pelukan sama Okke *eh & gue cukup puas bisa liat sunrise di hooberhood dengan pemandangan cikuray dari kejauhan








                                                                           
Beres berburu sunrise waktunya ngurusin cacing di perut yg dari tadi udah joget2. Selesai sarapan perut kenyang jadinya kalo ga ngantuk ya bego, tapi kita gabisa santai2 karena harus langsung beres2 tenda & packing soalnya kita mau cuuss ke spot berikutnya. Spot yg di maksud adalah tegal panjang, sebuah padang savana yg belum terlalu banyak orang tau & merupakan area konservasi jadi ga sembarangan orang bisa kesana karea harus ada ijin khusus kata Ajay yg udah sering bolak balik papandayan. Waktu tempuh dari hooberhood kurang lebih 2 jam perjalanan dengan hutan lebat & semak2 tinggi di sepanjang jalurnya, seru beud dah treking ke tegal panjang karena treknya relatif landai

                                                                 



Ditengah jalan kita ketemu sama warga lokal yg lagi nyari kayu bakar sama anjing2nya kurang lebih sekitar 7 ekor kalo ga salah & semua anjingnya dikasih nama, sayang gue ga sempet kenalan tuh sama anjingnya jadi gue gatau namanya

"Hemm kayanya anjing2 ini yg bikin gue gabisa tidur. Kalo gada si bapanya yg punya udah gue rendang nih"

Setelah istirahat sebentar sambil ngobrol sksd sama si bapa tadi kita lanjut jalan lagi. Jalur ke tegal panjang ada beberapa persimpangan & kurang jelas karena hutannya yg lebat & juga kayanya jarang pendaki yg kesini jadi gue saranin kalo mau kesini mending sama yg udah pengalaman selain itu sebisa mungkin hindari treking di malam hari karena menurut informasi area ini merupakan kawasan konservasi jadi masih banyak macan kumbangnya. So, bi kerful gais

***

Saat sebelum tegal panjang
Gdebug !!
Omaygaaat gue tisoledat, tisereuleu atau apalah namanya. Sakitnya sih ga seberapa cuma malunya itu looh & baju gue jadi kotor, yg ngeselinnya lagi anak2 malah pada ngetawain gue
"haha lu kenapa? Perasaan ga ada kulit pisang disini"
"Wakakaka bentar ya gue puas2in ketawa dulu baru gue tolongin"
"Faaak ! Pada seneng amat liat gue menderita"
Yaa kondisi hutan yg lembab + sisa ujan semalem bikin jalan licin jadi harus hati2 melangkah. Setelah perjalanan naik turun berkelok sampe jatoh tisoledat segala akhirnya, this is it tegal panjang


                                                  
                                                     
                                                          
Ini adalah surga tersembunyi di papandayan. Padang savana ijo yg luas, aliran sungai kecil yg berkelok di tengahnya & diapit sama perbukitan di belakangnya emejing laaah pokonya






                                                                                                
                                                                                 
    

                                                              

Betah banget rasanya diem disini sambil ngemil apalagi udaranya adem, angin yg semriwing plus pemandangan yg kece tapi sayang kita gabisa lama2 soalnya kabut udah mulai turun & cuaca mendung lagi jadinya buru2 cabut. Perjalanan balik ke hooberhood awalnya lancar2 aja gapake kepleset lagi tapi saat di tengah perjalanan tiba2

Guk guk aauuu
"Eh suara anjing lagi tuh"
"Ah selow paling anjing si bapa yg tadi kali"
Guk aauuu
Makin lama suaranya makin deket banget serasa dibelakang ngikutin kita
Tiba2
"gais jangan ada yg gerak dulu, diem ditempat. Ada yg ngikutin kita kayanya bukan anjing si bapa yg tadi"

Berhubung gue jalan di depan gue ga sempet liat cuma temen Ajay sama Okke yg jalan paling belakang sempet liat ajag (anjing hutan) ngikutin kita
Gue udh komat kamit baca doa segala rupa sambil gemeteran

"Duh gimana ini ya allah gini2 amat ya naek gunung baru pertama kali. Mudah2an anjingnya vegetarian atau lagi diet. Hamba masih banyak cicilan utang, belum kawin juga"
"Lu doa apa curhat bray? Kalem aja nanti juga pergi sendiri" Kata Ajay

Setelah beberapa saat akhirnya anjing itu pergi kata temen Ajay kayanya kita ngedeket ke teritorialnya jadi dia semacem ngasih peringatan gitu.
Gue ngerasa plooong banget untung aja tuh anjing ga latah nyicip tulang gue. Lepas dari anjing itu jalan makin ngebut khawatir tiba2 doi ngejar lagi ditambah cuaca makin mendung juga, rasa cape pegel bodo amat bablas terus yg penting cepet nyampe hooberhood

***

Saat sampe pos bawah
"Bray sepatu gue ko ga ada sebelah ya?"
"Mampus lu jangan2 jatoh dijalan tadi, yaudah sana lu nanjak lagi"
"Ogah males gue taapiii"
"Udahlaah ikhlasin aja sepatu kw doang haha"

Jadi dari tegal panjang tadi Okke pake sendal, sepatunya di gantung di keril & apesnya baru nyadar sepatu ilang pas sampe bawah

Skip masalah sepatu, ujan mulai turun & udah sore jadi kita naik ojek ujan2an & pas sampe terminal kita ga kebagian bis yg langsung ke Bogor jadi terpaksa transit dulu ke Bandung hasilnya jam 12 malem baru nyampe Bogor tapi yg paling penting & tujuan utama adalah pulang mendaki dengan selamat sampe rumah.

Terima kasih papandayan keindahan alamu ngajarin kita banyak hal, suatu saat kalo ada kesempatan gue sama Okke pasti balik lagi soalnya belum sempet ke hutan mati & tegal alun sekalian juga mau nyari sepatu Okke yg ilang sebelah

See you on next stories

Cheers






                             
                                                                                                                               












Postingan populer dari blog ini

Gunung suling yang alami

Apa Aja yang Harus Dibawa/Dipake Saat ke Curug

CURUG SAWER : NENEK HARDCORE & SEMPAK BASAH

Monyet Penghuni Gunung Kapur