Melaksanakan Ibadah Di Gunung



tuthor and author By : Takun



     Akhirnya gua balik nulis lagi setelah sekian lama & sekalinya nulis langsung so2an religius gitu. Hmm
Di artikel ini gua ga maksud buat riya, so suci atau merasa so paling bener. Gue cuman pengen blog ini lebih berfaedah kan, yang isinya ga cuman ngelawak garing ga jelas. Gua cuman pengen berbagai informasi aja karena sering kali kita traveling atau naik gunung kita terlalu asik menikmati ciptaan Nya sehingga lupa dengan penciptaNya itu sendiri. Nah kali ini gue mau bahas mengenai kendala beribadah ketika di gunung & solusi nya. Lebih spesifik nya yaitu Islam.

     Sering kali kita meletakkan waktu shalat ketika di gunung karena beberapa alasan, pertama ga ada Aer whudu, apa lagi kalo kita ngedaki di treknya yang ga ada sumber air, duuh mager banget bawa Aer banyak2, berat, masih mending di pake minum buat masak atau buat cebok. Padahal sering kali gue liat di ig orang posting di gunung pake caption 'nikmat mana lagi yang kamu dustakan' bla bla bla dan segala macem, dan itu sebenarnya hak mereka tapi, kadang gue mikir, Lo posting kayak gitu apa ketika di gunung itu lo inget Tuhan?, Apa ketika di gunung itu lo tetep melaksanakan kewajiban Lo sama Tuhan?, Well ga ada yang tau, makannya gue mau berbagi tips melaksanakan solat ketika di gunung

1 Niat
Waduh ini sih yang paling berat, ternyata bukan cuman rindu aja yang berat. Berarti Dilan baru ngerasa rindu doang belum ngerasagimana susahnya niat ibadah di gunung. Apa emang Dilan ga pernah naek gunung ? *Apaansii,. Sepele tapi ga semua orang bisa. Harus berjuang melawan godaan syaiton yang terqutuq

2. Pakaian yang bersih
Kalo ini sii ga usah di jelasin panjang lebar ya. Tapi tips dari gue sekalian bawa paketan bersih yang emang khusus buat ibadah dan bedain buat pakean selama kalian tracking di gunung. Emang rempong sii tapi gue rasa bawa kaos 1 plus sarung ga akan makan banyak space di keril kalian

3. Kebersihan
Yaa logika aja sii Lo di gunung ga akan suci2 amat pasti keringetan aga kotor menjurus dekil gitu kan tapi selama ga kena najis gue rasa sih fine aja lagian Allah maha mengerti kok yang penting ada niat dan usaha kita buat ibadah, dari pada engga sama sekali kan?

4. Air
Kalo kita nanjak di gunung yang banyak sumber air sih fine2 aja selama air yang di pakai bersih. Kalo nanjak gunung yang ga ada aernya? Yawayahna  bawa air lebih dikit toh semua balik lagi karena niat.

5. Menentukan waktu adzan
Heellaaawww jaman udah canggih kalee tinggal download aja di play store atau app store aplikasi pengingat sholat yang offline tanpa harus koneksi internet juga buanyak ga usah alesan. ! * Ngegas

6. Menentukan arah kiblat
Nah ini yang Rada pe er sii, tapi gue ada beberapa tips cara menentukan kiblat.
  • Dengan melihat matahari sebagai patokan, perhatikan gerak semu harian matahari. Bisa dipastikan matahari terbit dari timur dan tenggelam di arah barat, sebab arah kiblat terletak di kota Riyadh/ Asia barat
  •  Ngeliat lumut di batang pohon. Ngeliat sisi batang pohon yang tumbuh lumut kering kena panas sinar matahari nunjukin arah barat sebab bagian sisi ini sepanjang hari kena terik panas sinar matahari sampai matahari terbenam & sisi ini juga kalo malem di pegang kerasa anget.
  • Bisa juga dengan cara sederhana yaitu alam sebagai media atau jatuhnya arah bayangan. Contohnya gambar lingkaran jam di tanah lalu kemudian lihat posisi jatuhnya bayangan kita sendiri.
  • Yang terakhir dan yang paling modern adalah pake aplikasi Hp. Sesekali gunain teknologi buat yang berguna jangan biasanya cuman maen sosmed, ngegame, ngewar, ngerank, stalkerin mantan *Ups
-           
Kira2 itu aja tips dari gue mudah2an bermanfaat buat kalian See you on next chapter with Takun 

Bye

Postingan populer dari blog ini

Gunung suling yang alami

Apa Aja yang Harus Dibawa/Dipake Saat ke Curug

CURUG SAWER : NENEK HARDCORE & SEMPAK BASAH

Monyet Penghuni Gunung Kapur