Gunung Gede dalam imaji

Story by: Okke & Agil
Author by: Okke & Agil

Hellaw gais
Stelah sekian lama absen nulis capter takun kali ini gue dapet wangsit buat nulis lagi. Tapi sebenernya karna disuruh juga sih sama Bang Okke karna kemaren2 doi mulu yang nulis catper takun paling kalo gue mah nulis yang ecek2 doang

Back to topic

Pendakian gunung Gede ini sebenarnya udah planing sejak lama tapi gatau kenapa selalu gagal terakhir kali planing gagal ke Gede sebelum puasa karena cuaca yang kurang mendukung padahal Okke & Tri udh bela2in beli jaket Gunung baru, Rahma udh beli sempak & cargo baru & gue yang ga beli apa2 sih hehe harus nunda keinginan mendaki gunung Gede.

Naah setelah lebaran ini gue ngadain rencana buat buat naik ke gede mumpung duit sisa lebaran masih ada langsung aja gua ngadain rencanain buat ngedaki Gede tapi apa mau dikata bahkan catper kali ini juga gagal. Laah ko bisa? Sedih sebenernya kalo di ceritain mah tapi yaudahlah yaa yuu maree nyimak aja kisahnya

Rencana awal pendakian tadinya di bulan Agustus tapi karena kawasan TNGGP di tutup akhirnya terpaksa di majuin jadi akhir juli. Seperti biasa gue Okke Tri & Rahma udah riweuh nyiapin ini itu mulai dari simaksi logistik alat2 sampe sempak masing2 juga di bahas. Oya fyi buat yang belum tau sekarang ijin simaksi ke TNGGP harus pake SKD dari klinik edelweis & ga bisa pke SKD yang lain. Jadi kebayang kan gimana ribetnya semua anggota yang hrus ke cibodas dulu sebelum ngedaki  etapi kalo cek sebelum nanjak juga kayanya bisa sih yg jelas biayanya nayamul laah dibanding minta SKD ke puskesmas

skip

Kira2 sekitar dua minggu sebelum berangkat tiba2 temennya si Tri atleast temen gua juga sih sebut aja mr D tiba2 chat ke gua & dari sinilah awal mula kejanggalan terjadi

D “bro denger2 dari si Tri katanya lu mau ke Gede ya? Gua ngikut dong”
Gue “mau ikut hayu2 aja sih tapi kalo mau cari temen soalnya gua udah daftar berempat udah bayar juga”
D “soal duit mah gampang nanti kalian cancel aja, ntar bikin simaksi baru gue yang tanggung

***

Semenjak si D ngikut di grup takun banyak planing yang berubah dari awal mulai dari simaksi yang daftar ulang, belanjaan logistik yang berubah bahkan tadinya rute pun hampir berubah karena dia ngajak naik via putri sedangkan yang lain kompak pengen naik via cibodas

Tapi akhirnya dia ikut bareng kita lewat Cibodas sesuai rencana awal yang gue dan yang laen sepakatin
Sampe pada akhirnya hari H kita di bagi jadi 2 kelompok buat berangkat Tri, Rahma, Sama  D berangkat duluan sedangkan gua sama Okke nyusul belakangan soalnya gue harus gawe dulu sedangkan Okke ngambil tenda sewaan

Tri, Rahma Sama D udah nyampe duluan sekitar jam 4 sedangkan gue sama Okke nyampe jam 6an karena syarat2nya udah di urusin semua sama Tri yang datang duluan jadi kita bisa langsungjalan dari pos pendakian
Sebelum kita naek kita solat berjamaah dulu di musola yang ada di gerbang mandala wangi solatnya  solat magrib sekalian di jama solat isya supaya bisa tenang pas di perjalanan ngedaki

Sehabis solat brifing trus berdoa baru kita langsung berangkat nanjak di kondisi yang udah gelap plus agak becek2 and  lesang di karenakan hujan yang turun lagi

Biarpun treknya licin kita tetep semangat banget dan optimis bakal nyampe puncak pas subuh buat nikmatin sunrise di puncak gede dan kita masih semangat2nya nih ngeadaki biarpun kayaknya cuman rombongan kita doang yang baru naek jam segini Sepanjang jalan kita berpapasan sama orang2 yang turun habis dari puncak

Oh iya sebenernya di gunung Gede ini kita ga boleh mendaki lebih dari jam 5 sore maksudnya sebelum jam 5 sore harus udah ada di jalur treck cuman karena simaksi gue yang udah di urusin duluan nyampe di pos mandalawangi sebelum jam 5 jadi kita tetep di bolehin masuk..
Saat pendakian

Baru sekitar 25 menit jalan ngelewatin tangga2 tiba2 D ngerasa kecapean dan minta istirahat dlu buat makan y udah gue sama yang laen nge iyahin mungkin doi blm makan dari rumah kali ye jadi sempet2nya ,makan bekel nasi di tenagh pendakian kyak gini

Okke : “laperrr bang lahap banget makannya
D : iye nih sori ya gue ga ada tenaga kalo lagi laper..lu mau ga nih gue bagi
Okke : “kaga ah bang gue pengen nyobain nasi uduk di puncak gede yang keberadaannya sudah melegenda

Habis itu kita lanjut lagi nanjak dan masih belumnyampe shelter manapun boro2 shelter nyampe telaga biru aja belum di tambah lagi tiba2 hujan turun lagi jadi kita ngedaki sambil ujan2nan pake jas ujan udah kayak di vidio klip deh jalan di tengah2 ujan gitu Belum lagi banyak pendaki2 yang turun nyapa dengan kata2 khas yang sama

“baru nanjak bang”
“semangat bang bentar lagi puncak”
Dan kalo gue itung2 ada kali 20orang mah yang nanyain kayak gitu

After that

Kita lanjut jalan sambil ngobrol2 ngelantur ledek2kan sampe becanda2an ga puguh tpi entah mengapa di saat gue sama yang laennya rame ngabaceo  tapi kok D keliatannya diem aja kayak yang ga semangat gitu padahal sebelum ngedaki dia keliatannya paling semangat baget tpi sekarang malah kayak abis makanin cabe terus diem2 kebelet gitu..

Gue : “bro... Are you allright dari tadi kok diem aja kayak yang ngelamun”
Okke : “kenapa kok ga heppy banget keliatannya klo cape mah istirahat dlu aja..”
Tri : “iya kalo lu lagi galau tuh nyender aja di bahunya Rahma
Rahma: “laah kok gue jadi tumbal..”
D : “gapapa bro gue cuman lagi ada pikiran aja

Sehabis D bilang gitu kita terus lanjutin jalan cuman kayaknya D kayak kepayahan banget jalannya beberapa kali dia ketinggalan dan terpaksa kita nungguin dia istirahat tpi kayaknya dia kebanyakan istirahatnya deh pokonya setiap ambil beberapa langkah pasti aja berenti dulu
Gue : “Bro lu kuat ga klo ga kuat ga usah di paksain apa mau turun lagi aja mumpung belum terlalu jauh dari pos awal nih

D : gapapa bro gua kuat2in ga enak udah nyampe sini, pikiran gue lgi kemana2 aja ih
Tri : “emg lu lagi mikirin apa sii cerita aja kali sama kita2
D : gue cuman kepikiran aja gue nanjak kesini belum ijin sama orang tua gue jadi langsung berangkat2 aja

Dalam hati gue pun berkata “hmmm.. mungkin inilah pentingnya restu orang tua” Setelah ngobrol2 bentar sambil istirahat lagi kita langsung lanjutin jalan dan kali ini alhamdulillah udah ngelewatin telaga biru dan nyampe di pertigaan antara mau ke curug cibeureum sama ke puncak gunung gede

Nah dari sini masih harus 5jam lagi waktu normal buat nyampe di kandang badak dan ngecamp di situ

Sambil istirahat lagi terus basa basi sama pendaki laen yang baru turun dari puncak kita lanjut lagi jalan ke atas sambil nyemangat2in D yang dari tadi masih aja keliatan lemes tanpa gairah
Gue gak paham deh kenapa dia kayak ga ber gairah itu apa karena pikiran kayak yang dia bilang tadi
atau apalah apalah..

Dikarenakan  takutnya dia ketinggalan di belakang jadi kita ngebiarin dia buat jalan duluan sama Okke biar jadi Gue Rahma sama Tri yang nyusul dari belakang
Tapi beberapa saat ternyata D ga kuat jalan jadi dia di temenin Okke buat istirahat dlu dan gue tri sama rahma jalan duluan

Pas udah nanjak2 dan ga terlalu jauh dari gue ninggalin Okke sama D tadi tiba2 Okke ngjar cepet banget dari belakang kayak abis lari di kejar banci seketikapun dia manggil2 gue

Okke : “gil.. gill
Gue : “lah kenapa lu cepet banget nyusulnya  eeh  D mana kok Ngga ada?
Okke : “ balik dulu deh gil kayaknya D beneran kena hippo deh dia kayk menggigil gitu tadi buruan bray panik banget nih gue
Gue : “ya udah buru turun dulu yuk”

Jadilah gue Rahma sama Tri turun balik ngeliat keadaannya D

Dari situ gue  sama yang laen nyoba buat pertolongan peretama ke D yang keliatan kayak gemeter gitu badannya  terus kita ngebikinin air anget ngasih obat2an sampe nyelimutin pake matras pokoknya riweh  banget lah waktu itu

Sempet ada beberapa pendaki yang turun nannya2 kita yang lagi riweh2nya ngurusin D
“kenapa tuh bang kena hipo bukan” kata salah satu pendaki yang lewat dan gue blm sempet kenalan atau nanya alamat instagramnya
Gue : iya ga tau bang dia kayak kecapean gitu tapi badannya gemeteran
“bikinin aer anget aja” kata pendaki tadi
D : ga tau nih bang sebenernya saya udah tiga kali nanjak di gunung gede ini ga pernah kayak gini baru sekarang aja kurang olah raga nih kayaknya

Gue gak terlalu pengalaman sii soal kondisi2 kayak hipo di gunung cuman gue pernah searching di mbah google kalo ciri dari Hypotermia itu adalah penurunan suhu tubuh

Dan tapi  ternyata suhu tubuhnya c D pas udah di ukur pake thermometer ternyata normal
 laah kok bisa ya bukannya kalo hipo itu harusnya suhu tubuhnya jadi rendah..

Sempet beberapa kali kita mutusin buat turun balik gara2 keadaan D yang ngehawatirin ini tapi ternyata dia ga enak juga jadi tetep maksain nanjak biarpun keadaanya kayak yang masih kurang sehat

Nah pas dari shelter .... ini gue baru nyadar kalo kita ngabisin waktu banyak banget jam 11 malem baru nyampe shelter ini dan gak mungkin balik lagi

Jadi mau ga mau kita ngambil resiko buka tenda di sini biarpun sebenernya ga aman juga soalnya masih daerah rawa yaah tapi mau gimana lagi kayaknya D udah ga sanggup buat naek lagi ke atas ditambah lagi waktunya juga mepet..

Jadi gue Rahma sama Tri bikin makanan sama kopi sedangkan Okke sama D nyiapin tenda dan gue gak nyangka ternyata tenda yang kita sewa itu gede juga gue sampe bingung ini sebenernya tenda camp atau tenda buat hajatan kenapa ga ada sekalian buat perasmanannya yah eh dah ah ngawur kan ..

Beres Okke bikin tenda dengan bingung yaah maklum ini pertama kalinya kita nenda sendiri untungnya ada pendaki2 lain yang lewat terus sempet ngebantuin kita bikin tenda jadi beres deh..
Habis makan kita langsung tidur di tenda  eh tpi gue ga tidur deng cuman Okke Tri sama D doang, soalnya aga was2 juga soalnya daerahnya masih kurang dari 2000mdpl jadi msh ada kemungkinan aktifitas hewan liar di daerah ini

Sempet berpikir buat lanjutin nanjak terus D di tinggalin di Tenda terus ntar subuh di jemput nah pas berunding sampe 3x puteran akhirnya kita putusin buat ngelanjutin lagi ke atas terus D juga sudi di tinggalin di Tenda..

Gue : Bro lu yakin mw gue tinggalin sendiri disini
D: “iya biarlah gue di sini kalian lanjutkanlah perjalanan tanpa gue, gue akan baik2 aja..
Gue : njirr kayak di film2 sinetron

Kita berangkat dari tenda yang kita buat di shelter Rawa denok II jam 3 pagi terus nyampe di shelter... tiba2 Okke jadi jalan ngelambat yah doi sii katanya kecapean plus ngantuk jadi jalannya aga lama tpi lantaran kita butuh jalan yang cepet supaya bisa nyampe puncak tepat waktu gue jadi ngerasa ragu bisa sampe puncak tepat waktu sedangkan kali ini kita baru nyampe shelter Batu kukus III

Jadi kita mutusin buat balik lagi aja ke tenda di shelter Rawa denok II sambil nungguin pagi baru turun lagi buat pulang

Yaah jadi begitulah cerita pendakian kita di gunung gede kayaknya sii rencana yang udah dibuat selama 2 bulan kayk sia2 dalam 1 hari gara2 hal tak terduga dan rasa sesak itu masih terasa hingga sekarang...

Dan cerita chatper kali ini mungkin lebih menyedihkan buat gue di bandingkan dengan Drama2 korea yang ada di tipi

Dan semoga ada hikmah yang bisa diambil dari cerita perjalanan gue kali ini

Thanks  & Bhay..

Postingan populer dari blog ini