Stone Garden Bukan Garden Stone





Story By : Okke & Agil
Author By : Okke


Assalamualaikum... apa kabar gaiis??  gak kerasa udah masuk bulan puasa aja, dan gue mau ngucapin selamat beribadah puasa Ramadhan 1438 hijiriah buat kalian yang menjalankannya
Eeh, udah lama juga yaah... gue gak ngeupdate postingan baru di blog ini tepatnya udah hampir 4 minggu, soalnya sibuk sama urusan laen kayak kerjaan, de el el. begitu juga sama Agil
Di tambah lagi  kemaren2 PC gue sempet eror jadi bikin gue nambah mager buat ngeposting
padahal banyak banget cerita2 yang pengen gue bagiin di blog ini dari pengalaman traveling ala ala kita para traveler kere yang kemaren2 sempet kita lakuin
jadi mau tau dong travelingan kayak gimana kita beberapa waktu ini???...
yuk, ikutin perjalanan kita kali ini.. (ala2 seleb liburan yang ada di infotaiment)


*****


Udah sekian lama gue gak ngeliat sunrise semenjak sunrise terakhir yang sukses gue dapetin waktu di Bukit sunda dan sempet gagal juga  di Gunung batu.
Karena kangennya gue ngeliat sunrise akhirnya gue ngajakin Agil sama Tri buat nyubuh2n ngejar sunrise.
Sebenernya rencana kita kali ini udah di rundingin jauh2 hari dari terakhir kita maen bareng ke Curug Batu Ampar bareng Rahma, cuman dikarenakan pindah dinas Rahma jadi ga bisa ikut.
lokasi yang kita lirik kali ini adalah Stone garden di Bandung Padalarang sesuai namanya kalo taman bunga ya liat2 bunga, kalo taman buah ya liat2 buah dan yang bakal kita liat di Stone garden ini adalah batu2an  tapi bukan batu yang biasa gue temuin di taman atau dimana dimana, di taman batu ini seolah olah batunya tersusun rapi banget kayak semacem situs purba gitu.
Sebelum berangkat gue nginep dulu di rumah Agil supaya ga mager berangkat dan bangun subuh2 dan boro2 gue molor yang ada gue malah bengong dan gugulitikan kayak anak gadis lagi kasmaran gitu… (emang kayak gitu ya?)
Berangkat dari Bogor kota jam set 3 pagi dengan Cuma nyemilin roti sambil pikiran yang masih  ngelindur karena gak molor semaleman gue Agil sama Tri naek motor ngelewatin jalur puncak sama Cianjur buat nyampe di wilayah Padalarang  jalanan yang masih sepi bikin kita makin cepet nyampe tujuan di tambah lagi kita bawa motor udah kayak di film fast and furious yang kemaren booming bedanya di film pada pake mobil mewah yang keren sedangkan gue pake motor kecil yang belum lunas cicilannya..




At least  kita nyampe di Padalarang sekitar jam set 5 pagi setelah sempet singgah  buat solat subuh tepat di depan gang Stone gardennya dan gue lupa namanya mesjid apaan yang jelas di depan gang nyatuh ada tulisan plang “Taman Batu”.
Ooh iya ada dua cara buat nyampe di Stone garden ini yang pertama lewat gapura yang arahnya menuju Goa pawon kalo kalian lewat goa ini kalian langsung dapet 2 spot sekaligus yaitu Goa pawon yang ada tepat di bawah lokasi Stone garden tapi resikonya kalian harus trekking sekitar setengah jam dari Goa pawon buat nyampe di Stone garden.
Dan cara yang satunya lagi kalian ngelewatin gang yang gue bilang ada mesjid di depannya tadi dan langsung sampe di depan Stone garden, di karenakan yang kita incer adalah sunrise tepat diatas bukit Stone garden jadi kita ngambil cara yang kedua. 
Sesampenya di depan gerbang portal Stone garden ternyata belum ada yang jaga ternyata pas kita liat jam operasionalnya itu jam 7, Tapi gak mau sia2 dateng tpi malah nunggu akhirnya kita bobol juga tuh portal (njiir maling banget yaa).
Etapi  kita juga gak sendirian deng, ada juga pengunjung laen yang datang pake mobil mereka itu ternyata sepasang kekasih dan potografernya  yang ternyata mau ambil poto prewed di sekitar Stone garden ini.
njiir... bikin jelous yaa apa lah daya gue yang Cuma bareng nih duo cowo lemes di bilang trio boyband pun kagak.
Singkat cerita  tuh portal kita bobol dan kalo ada yang jaga ntar kita bayar belakangan, lagian tu portal cuman di buat dari kayu bambu doang  gak di gembok pula cuman diiket2 gitu doang.
Ternyata di dalem udah banyak orang ada yang jaganya dan tukang2 warung yang kayaknya pada lagi ngaso  bobo2an  dulu sebelum buka warung jadi kita langsung bayar 5rb ke mamang yang jaganya.
Gak ambil pusing beres markirin motor kita langsung naek ke lokasi Stone garden yang gak jauh dari tempat parkir.
Dan bener aja begitu dateng kita bisa ngeliat banyak batu2an putih yang tersusun rapi seolah ada  yang sengaja nempatin batu2an itu di lahan seluas ini,  tpi ternyata konon katanya batu2an ini terbentuk secara alami  di tempat ini yang waktu jaman purba merupakan sebuah danau yaitu danau Bandung  yang karena fenomena alam tertentu yaitu gempa bumi jadi permukaannya naik keatas terus  secara bertahap dan membentuklah Stone garden ini  (tumben yee gue ngerti)
Tpi bukan karena muka gue purba, gue hidup di jaman itu gue cuman baca sejarahnya doang sekilas.
Sebenarnya masih ada cerita  lain pula dari Stone garden ini yang konon katanya ada hubungannya sama legenda Sangkuriang dan Dayang sumbi,
Ada pula makam di sebelah atas garden stone ini yang gue gak sempet nanya2 itu makam siapa.
And then
Sampe di atas  kita nyari tebing paling tinggi buat nungguin sunrise muncul di ketinggian tapi sayangnya suasana di pagi itu lagi berawan jadi kita gak bisa ngeliat sunrise.



haduuh gagal maning..
 nyesek?? Ngga juga sii soalnya pemandangan di garden stone sama fenomena munculnya pelangi di pagi itu udah perfect banget biarpun kita gak dapet sunrisenya
semua perfect sampe pada akhirnya gue ngerasa ga enak perut secara tiba2
 “eeh bray kyaknya gue harus ke wc deh”
“knapa lu mw setor ya udah gali lubang aja sana” saran Agil
Setelah itu gue ke bawah nyari tempat sepi buat gali lubang ternyata lagi ada sepasang kekasih tadi yang lagi  poto prewed, ga enak deng lagi poto2 gtu tau2 ada bau ga enak
Jadi gue tahan sebentar tpi  ternyata gak tertahan 
“katongin batu aja bray” saran Tri
“eeh lu percaya sama mitos kayak gtu, kagak ahh gue turun dulu aja sendiri udah di ujung nih ntar gue naek lagi kesini kalem “
“ yaudah kita tungguin disini yaa..”  jawab Agil




Dan itulah sebab poto2 gue di taman batu ini gak sebanyak Agil sama Tri soalnya perut gue tiba2 mules dan harus turun dulu buat nyari toilet yang untungnya letaknya ga jauh dari lokasi Stone garden ini tpi lumayan engap juga sii lari2an kebawah bukit sambil nahan pengen boker
Setelah poto2, Agil sama Tri makanin cemilan  dan gue boker udah gitu poto2 lagi,




Awalnya kita mau ngeliat goa pawon dulu Cuman pas ngeliat waduk jatiluhur dari atas sini kita jadi teriinspirasi pengen ke Gunung lembu yang kayaknya ga begitu jauh Dari padalarang
dan Gunung lembu ini adalah salah satu gunung yang pernah di tulis Agil di blog ini sebagai wishlist ngedenger gambaran soal gunung lembu gue juga jadi penasaran dong jadi ngebet pengen liat segimana eksotisnya puncak dari Gunung lembu itu

“Mumpung masih jam 7 pagi bray kita ke gunung lembu aja yuk, kalo di goa pagi2 gini belum keliatan apa2”  saran gue ke Agil sama Tri
“gue siih hayu”  jawab Agil
“Ya udah lah hayu berangkat” jawab Tri

Ooh iya di sini juga ada lokasi buat kalian yang mau hemokan diatas tebing kayak yang lagi ngehits di sosmed itu letaknya gak terlalu jauh dari tempat kita parkir motor tadi  cuman bayarnya lumayan ciin 100rb buat poto di antara tebing pake hammock di tengahnya, ngeri deng takut jatoh hiii..

bersambung ke chapter Gunung lembu...


Postingan populer dari blog ini

Gunung suling yang alami

Apa Aja yang Harus Dibawa/Dipake Saat ke Curug

CURUG SAWER : NENEK HARDCORE & SEMPAK BASAH

Monyet Penghuni Gunung Kapur