Pungli



story & author by : Agil



Perhatian !!
Gue nulis artikel ini bukan ngarang bebas kaya lagi ngisi soal ujian essay anak sd, bukan juga karena kasus pungli belakangan ini lagi viral, ini murni berdasarkan pengalaman pribadi & curhatan dari temen2 gue. Artikel ini juga dibuat bukan untuk nyalahin atau nyindir. Kalo ngambek atau kesindir? Ya berarti ngerasa ngelakuin

Maraknya acara2 ngetrip & pengaruh sosmed membuat traveling makin kekinian belakangan ini. Tapi makin ngehits traveling makin banyak juga pungli. Yaa pungli (pungutan liar) dengan objek wisata udah gabisa dipisahin, ibarat kamu sama dia yg ga pisah2 *looh?
Yaa emang ga semua objek wisata ada pungli nya tapi kalo tempat itu lagi ngehits kekinian kemungkinan besar bakal ada pungli berkeliaran disana
Objek wisata yg gue maksud disini adalah objek wisata alam yaa karena beberapa kali pengalaman gue datengin tempat2 wisata alam semacem curug & bukit atau gunung kecil pasti ada aja pungli nyelip di sekitarnya. Niatnya mau refreshing ngelepas penat beban kerjaan, mau ngadem ngelupain kenangan sama mantan tapi akhirnya malah bete ngedumel sendiri gara2 pungli
Pungli itu sendiri banyak modusnya bukan cuma laki jaman sekarang aja yg banyak modusnya *halaaah eh tapi yg suka pungli juga biasanya laki sih. Nah modusnya itu diantaranya

•Ditengah jalan sesaat sebelum sampe tempat wisata suka ada segelintir orang nodong ember, kaleng bekas cat atau kaleng bekas biskuit lebaran. Katanya sih buat perbaikan akses jalan, tapi gue dateng kesitu lebih dari 2x & dalam rentan waktu yg cukup jauh tapi masih gitu2 aja jalannya. Entah emang banyak kendalanya atau gimana gue gatau & terkadang di lokasi tertentu bahkan bukan cuma sekali tapi sampe beberapa kali di todong ember
•Ada juga yg minta2 langsung di tkp katanya buat pemeliharaan kebersihan. Tapi gue ga pernah tuh liat si abang2nya yg mintain duit itu nyapu, bersih2 gimana gitu atau bisa aja sih si abang2nya bersih2 pas ga ada gue tapi masih juga terdapat sampah nyelip2 di lokasi tertentu. Mungkin emang karena kurangnya kesadaran pengunjung sama kebersihan atau emang ga di bersihin. Entahlah
•Tarif yg diminta si abang2 yg jagain gerbang ga sesuai sama yg tertera di tiket. Pas kita minta tiketnya kadang dia gamau ngasih mungkin karena takut ketauan tarifnya beda, harus dipaksa & di rayu2 manja dulu baru si abangnya mau ngasih tiket
•Harga parkir yg ga masuk akal, pernah ada temen gue cerita di mintain parkir motor sampe 20k, helaaaaw gue parkir di gedung yg ga kepanasan & keujanan aja ga sampe 20k laah ini tempat parkir alakadarnya kenapa bisa mehong begindang? Bahkan ada juga temen gue yg main ke salah 1 curug di tagih uang parkir sampe 3x. Haduuuh menang banyak deh itu kang parkirnya, bisa2 jadi tukang parkir naik haji
•Nah bahkan ada juga yg so'2an jadi guide, ujug2 nimbrung & ngikutin rombongan tertentu dari belakang gapake basa basi cipika cipiki dulu. Padahal tanpa guide aja jalurnya udah jelas & banyak papan petunjuknya. Doi bakalan terus ngintilin kita & gakan pergi sebelum dikasih duit

Naah tadi itu cuma sebagian contoh kecil, mungkin di daerah wisata alam lain masih banyak kasus pungli dengan modus yg berbeda & hal2 yg tadi gue sebut diatas itu diluar tiket atau tarif resmi objek wisata itu. Bukannya gue pelit atau gamau bagi2 rezeki meskipun nominal yg diminta ga terlalu gede tapi buat traveler kismin kaya gue (curhat) ya lumayan memberatkan juga, kan lumayan duitnya bisa gue beliin kuaci buat ngemil selama perjalanan. Etapi ngemil kuaci ga bikin kenyang sih, malah bikin 'dadas' iya

Pertanyaannya adalah siapa pelaku pungli itu? Logika sederhana aja, orang2 yg rumah di daerah kota masa harus jauh2 ke daerah wisata alam yg notabene berada di pelosok, masa iya orang itu harus stay seharian disana? Yg ada nanti di curigain sama warga sekitar main di wisata alam ga pulang2
Sebelumnya sorry2 to say nih ya tanpa bermaksud buat suudzon tapi jelas biasanya pelaku pungli itu adalah warga sekitar objek wisata itu sendiri, padahal kalo menurut gue sih lebih baik ngelakuin hal yg lebih positif misalnya mereka jualan apa aja gitu yg berhubungan sama objek wisata di daerah sekitarnya contohnya kalo daerahnya deket curug bisa jualan sempak, jual makanan & minuman atau sewain pelampung. Kali aja ada pengunjung yg gabawa sempak ganti, gabawa bekel atau gabisa renang kaya gue (curhat lagi). Daripada ngelakuin pungli meskipun nominalnya ga seberapa tapi mungkin buat sebagian pengunjung jadi males buat balik lagi apalagi kalo punglinya banyak gue sih ogah males banget buat balik lagi. Yaa kalo cuma satu dua yg minta okelah fine tapi kalo punglinya banyak kaya waktu gue main ke tuuuut *sensor mendingan gue pake nabung buat modal halalin si dia *eh

Sekali lagi gue tegaskan artikel ini gue buat bukan untuk nuduh, suudzon atau menghakimi siapapun. Disini gue juga ga nyantumin dimana objek wisata yg banyak punglinya jadi gausah laah ya lapor ke saber pungli segala kan kasian, mending doain aja mudah2an mereka pada dapet hidayah & sadar biar kedepannya ga ada lagi pungli
Amin

Yuuuk maarreee

Postingan populer dari blog ini

Gunung suling yang alami

Apa Aja yang Harus Dibawa/Dipake Saat ke Curug

CURUG SAWER : NENEK HARDCORE & SEMPAK BASAH

Monyet Penghuni Gunung Kapur