Hal Hal Yang Harus Di Lakukan Traveler





Story & author by: Okke



Whats up meeeen..

Ngeeksplor negri ini ga akan pernah ngebosenin kaaaan malah bikin ketagihan, yaaa… puas2in daah mumpung  masih muda atau lagi mumpung  ada duit atau mumpung lagi jomblo, atau mumpung lagi galau atau mumpung lagi apaan ke #halaaaahh..

Tpi kali ini gue mau sharing beberpa hal yang wajib kalian lakuin kalau kalian lagi traveling biar ga ngerugiin diri, masyarakat sama lingkungan


Chek this out meen…


****

1.jangan buang sampah sembarangan

                Iya jangan buang sampah sembarangan kayak ngebuang kenangan masalalu lu bersamanya (apaansii) soalnya kemana pun tujuan traveling kita, kita ga akan ngerasa nyaman kalo banyak sampah di tempat tersebut


2.jangan berbuat vandalism

                Jangan suka ngerusak apapun termasuk fasilitas di tempat wisata yang kalian kunjungin contohnya aja kemarin2 gue pernah liat pengunjung di suatu taman bunga tidur2an sambil selfie diatas taman bunga niat ngikut2in mba syahrini tpi malah jadi ngerusak taman bunganya tadinya gue mw ngikutin juga tapi karena gue sadar diri akhirnya ga jadi, lagian gue yakin orang2 pada geli2 gimana kalo ngeliat gue foto pake bunga2 begitu…


3.jaga etika dan sopan santun

                maksudnya penting buat kita  ngejaga tata bahasa, nada bahasa, sama prilaku kita waktu berinteraksi sama masyarakat sekitar objek wisata yang kita kunjungin ga usah sok jago deh di wilayah orang salah2 bisa di keroyok atau diculik terus di jual ke tante2..


4.jangan sompral

              Kata2 kayak gini sering diomongin ke gue setiap mau naek gunung tpi gue yakin gak cuma kalo ke gunung aja kita ga boleh sompral, maksudnya tuh kita ga boleh ngomong atau berbuat sembarangan yang asal jiplak. Niatnya bercanda2an taunya malah jadi beneran, kan kualat namanya


5.jangan mesum
                boleh dua2an asal tetap di lingkaran tapi awas jangan pergi berduaan nenek bilang itu berbahaya (eh kok kyk lagu), bahaya kenapa ya??  ga tau siih gue mah kan masih polos he he..

kemanapun tujuan traveling kalian tetep ga boleh ‘viktor’ meeeen…. Emang ga sedikit pengunjung wisatawan yang sengaja ngejadiin tempat wisata alam sebagai tempat buat mojok contohnya aja yang ke expose kemaren wilayah perkebunan teh di puncak Bogor yang ditemuin banyak alat kontrasepsi sama sempak bergelimpangan di kebun teh dan itu ngerusak citra tempat wisata tersebut..


 6.jaga kelestarian lingkungan

                Ngejaga kelestarian lingkungan itu tugas kita bareng2 caranya yaa simpel aja kayak yang gue sebutin di atas ga buang sampah sembarangan saat traveling kalo lu bae sekalian deh sampah2 pengunjung lain lu pungutin terus di kilo biar dapet duit (ada maksudnya :D)


7.hormati kebiasaan & adat budaya warga lokal

                Ada kalanya kita traveling ke daerah yang masyarakatnya masih kentel banget adat budayanya ya kita sebagai tamu harus bisa ngehormatin & ngikutin gimana aturan adat yang ada di wilayah itu kalo ngga ya bisa2 kita di musuhin atau di tangkep buat di jadiin tumbal.. (ngeri yee )


*****


Udah gitu aja yang mau gue share dan ingetin sama kalian sama buat ngingetin diri gue sendiri kalo nanti mau traveling..


*****


Ok fine…

BHAAAYYYYYYYY…

Postingan populer dari blog ini

Gunung suling yang alami

Apa Aja yang Harus Dibawa/Dipake Saat ke Curug

CURUG SAWER : NENEK HARDCORE & SEMPAK BASAH

Monyet Penghuni Gunung Kapur